Home » » Tips Sederhana Menghemat Kapasitas Harddisk Pada Windows 7

Tips Sederhana Menghemat Kapasitas Harddisk Pada Windows 7

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin lama data yang anda pakai untuk kebutuhan komputer semakin besar. Jika dahulu menggunakan harddisk berkapasitas 20GB sudah mencukupi, tapi saat ini 120GB pun rasanya kurang untuk menampung data anda. Data yang paling banyak menghabiskan kapasitas harddisk biasanya film, musik, foto, aplikasi dan game. Dengan keterbatasan kapasitas harddisk yang anda miliki, manajemen data pada Windows 7 pun belum bisa untuk menekan penggunaan kapasitas harddisk yang berlebihan sehingga diperlukan suatu cara untuk menghemat penggunaan kapasitas harddisk. 

Windows 7 menyediakan fitur untuk kompresi drive dengan tujuan bisa memberikan ruang ekstra harddisk bagi pengguna. Ini bisa berguna jika anda benar-benar kehabisan ruang harddisk, dan anda tidak ingin menghapus data-data yang ada pada drive atau partisi terkait. Caranya, buka Windows Explorer - klik kanan salah satu partisi atau drive - Properties. Pada tab General, beri centang di bagian  Compress this drive to save disk space lalu klik Apply. Nanti akan muncul jendela konfirmasi apakah bagian yang dikompres meliputi file dan subfolder atau drive saja. Pilih Compress Drive beserta subfolder dan file yang berarti seluruh isi partisi kita kompres dengan harapan bisa memberi ruang ekstra. Khusus drive C jangan dikompres karena bisa mengakibatkan sistem tidak berfungsi sehingga Windows tidak bisa booting.

Jika Compress Drive bisa digunakan untuk kompresi seluruh folder yang ada pada partisi terkait, anda juga bisa melakukan kompresi pada folder tertentu yang diinginkan. Misalnya anda hanya ingin mengompres folder film dan musik yang kapasitasnya terlalu membengkak, cukup klik kanan pada folder tersebut lalu pilih properties. Pada tab General pilih Advanced, selanjutnya beri tanda centang pada bagian Compress contents to save disk space. Akan muncul jendela konfirmasi lagi, pilih kompresi untuk seluruh subfolder dan file yang ada pada folder tersebut. Tunggu hingga proses kompresi selesai.

Harddisk penuh bisa jadi ada junk file atau penimbunan file tidak penting yang memenuhi harddisk terutama pada partisi Windows. Manfaatkan fitur Cleanup disk untuk membersihkan junk file sehingga anda bisa mendapatkan kapasitas ekstra walau hanya beberapa megabyte saja. Caranya klik kanan pada drive atau partisi - Properties - Disk cleanup. Windows akan melakukan pengecekan apakah file yang tidak diperlukan masih ada di dalam partisi, setelah itu muncul jendela yang bisa anda manfaatkan untuk memilih jenis file apa saja yang ingin anda hapus. 

Manfaatkan cloud storage atau media penyimpanan online yang sekarang banyak tersedia di internet. Selain bisa mengamankan data, cloud storage juga bisa jadi alternatif penyimpanan selain harddisk. Untuk akun gratis saja anda sudah mendapat jatah hingga 5GM dan jika mempunyai banyak akun di cluod storage otomatis ada banyak juga jatah penyimpanan anda. 


Sering dilihat