Home » » Menghapus Virus Komputer Secara Manual

Menghapus Virus Komputer Secara Manual

Kita terkadang sangat jengkel ketika mengetahui kalau komputer kita telah dijangkiti virus. Virus seringkali menimbulkan buntut masalah yang aneh-aneh, yang mungkun bisa saja merugikan sistem komputer kita. Dari gangguan yang sepele seperti terdapat file-file yang aneh yang memenuhi kapasitas hard disk. Ataupun yang agak nakal dan berakibat sistem komputer agak terbebani. 

Jika anda memiliki masalah dengan virus, tak ada salahnya mencoba trik berikut ini. Trik ini bisa dilakukan apabila antivirus yang dimiliki dapat mendeteksi virus tersebut tetapi tidak bisa menghapus virus tersebut. 
  • Pertama, scan komputer dengan antivirus yang bisa menunjukkan path virus di registry, sehingga kita dapat mengetahui lokasi registry yang terinfeksi virus. 
  • Kedua, buka msconfig.exe dan lihat pada startup. Biasanya virus akan meninggalkan command pada startup agar ketika komputer dihidupkan virus juga otomatis dinyalakan. Coba dilihat dengan detail, apakah ada startup item yang terasa ganjil, Jika ada, coba hapus centangnya dan klik apply. Jika setelah di refresh, kemungkinan startup tersebut akan muncul kembali karena file tersebut adalah anak virus yang tidak diketahui lokasinya.
  • Ketiga, buka registry editor (regedit.exe) untuk melihat kebenaran dari lokasi path virus tersebut. Kita juga takkan bisa berbuat banyak disini karena file tersebut akan tetap muncul meskipun sudah di delete.
  • Keempat, cek kebenaran file virusnya, Biasanya file virus sifatnya "super hidden" sehingga tidak bisa dilihat jika settingnya tidak diubah terlebih dahulu. Pada windows explore klik organize - folder and search options, pada view - hapus centang pada hide protected operating system files (recommended).
Kemudian masuk ke Windows Safe Mode dengan me-restart komputer, dan sebelum layar masuk ke windows tekan F8 kemudian pilih Windows Safe Mode. Dengan masuk ke Windows Safe Mode ini, maka hanya file yang dieksekusi saja yang akan berjalan. Aplikasi lain tidak akan berjalan dan ditidurkan sementara. Ketika sudah masuk windows, setting windows agar menampilkan semua file tersembunyi. Kemudian buka msconfig,exe, hapus centang file yang dicurigai virus - klik apply. Masuk regedit.exe dan hapus registry dan string virus. Terakhir hapus file induk virus yang ada di komputer.  Setelah selesai, restart kembali komputer untuk masuk windows secara normal. Cek apakah virus masih ada. Dan virus akan hilang permanen berdasarkan beberapa pengalaman teman-teman yang telah mempraktikan cara ini. 


Sering dilihat