Home » » Google Maps Dapat Digunakan Secara Offline

Google Maps Dapat Digunakan Secara Offline


Di ajang tahunan google I/O 2015, raksasa internet Google menyajikan banyak hal baru, salah satunya adalah pembaharuan Google Maps. Aplikasi peta Google tersebut kini bisa sepenuhnya dipakai tanpa sambungan internet. Fungsi offline di Google Maps sebenarnya memang sudah tersedia, namu masih sangat terbatas. Pengguna hanya diizinkan mengunduh wilayah tertentu, dan tidak melakukan navigasi tanpa internet. 

Pengembangan fitur offline ini dilatar belakangi oleh mahalnya biaya internet di negara-negara berkembang seperti India, Filipina, Vietnam dan Indonesia. Tidak hanya mahal, internet di negara tersebut juga sangat lambat. Kehadiran dukungan offline di aplikasi Google Maps ini bertujuan untuk membantu pengguna di negara-negara berkembang tersebut. Google mengembangkan fungsi iffline tersebut dalam versi terbaru. Fitur ini akan memungkinkan pengguna menikmati layanan Google Maps ketika berada di area dengan koneksi internet yang menyedihkan atau tanpa koneksi sama sekali. 

Pengguna bisa mengunduh peta mana saja yang diinginkan, sekaligus melakukan navigasi tikungan demi tikungan tanpa sambungan internet sedikitpun. Hal ini memungkinkan pengguna yang tersesat untuk menemukan jalan pulang tanpa biaya internet. Selain itu, masih tanpa sambungan internet, pengguna juga dapat mencari informasi soal tempat-tempat menarik seperti toko, pom bensin, restoran lengkap dengan jadwal operasional mereka. Satu-satunya yang tak bisa diakses hanyalah informasi lalu lintas. Informasi kemacetan, kecelakaan dan citra foto satelit masih mengharuskan pengguna terhubung ke internet.

Bagi pengguna yang sudah mendapatkan pembaharuan, berikut langkah-langkah memanfaatkan fitur offline Google Maps:
  1. Buka aplikasi Maps pada perangkat Android. Untuk sementara, baru pengguna Android yang bisa menjajal kemampuan offline Maps. Pengguna iOS dikatakan akan segera menyusul.
  2. Cari lokasi tujuan. Pada tahap ini pengguna masih harus terkoneksi internet. Jika di rumah atau kantor tersedia akses WiFi, pengguna lebih bisa menghemat pemakaian data sebelum kemudian beranjak ke tempat sasaran.
  3. Unduh lokasi tujuan. Maps bakal memperlihatkan informasi estimasi waktu untuk mencapai tujuan. Adapula informasi cuaca, foto, dan deskripsi tempat jika sudah tersedia. Bersamaan dengan itu terpatri juga tiga opsi Save, Share Download. Pengguna cukup menekan pilihan "Download" untuk mengunduh lokasi.
  4. Konfirmasi lokasi tujuan. Maps bakal menunjukkan rute lokasi dan memastikan kepada pengguna apakah rute tersebut yang ingin ditempuh. Jika benar, pengguna cukup menekan layar untuk menyetujui perintah unduh.
  5. Maps akan mengunduh lokasi tujuan yang telah disepakati. Setelahnya pengguna bisa beranjak menuju lokasi tersebut dengan informasi rute dari Maps tanpa harus mengaktifkan internet. 
Kemampuan akses offline ini diharapkan dapat membantu pengguna memangkas pemakaian data dan sedikit menggunakan daya baterai saat mengakses Maps di tengah jalan.


Sering dilihat