Home » » Siapakah Seniman Di Balik "Peace for Paris"?

Siapakah Seniman Di Balik "Peace for Paris"?

Pasca tragedi serangan bom dan tembakan mengguncang Paris, muncul sebuah simbol pemersatu yang viral di media sosial. Sebuah gambar sederhana berupa kombinasi simbol perdamaian dan menara eiffel itu dibagikan oleh jutaan pengguna lintas platform. Siapakah gerangan orang dibalik pembuatan gambar tersebut?

Jean Jullien, seorang desainer grafis Perancis berusia 32 tahun. Ia memposting gambar tersebut di akun Instagram dan Twitternya pada hari Jumat lalu, tak lama seteah serangkaian serangan teror di kota Paris yang menewaskan ratusan orang.

'Peace for Paris' muncul di seluruh dunia di berbagai platform media sosial. Ilustrasi karya Jullien kini digunakan oleh orang-orang untuk menunjukkan dukungan. Gambarnya tersebar dalam berbagai bentuk, di poster, kaos dan lain-lain.

Julien mengatakan bahwa ia berpikir bahwa peran sosial dari grafis-grafis benar-benar luar biasa kuatnya. Ia mengungkapkan bahwa banyak orang yang berfikir seni grafis hanyalah hal biasa yang dijual seperti mobil atau produk iklan. Akan tetapi, sesungguhnya seni grafis merupakan sarana untuk menyampaikan ekspresi yang melampaui kata-kata.

Terkadang kata-kata sulit untuk diterjemahkan. Jullien beranggapan, semakin sederhana gambar akan semakin baik, dan akan semakin mudah dipahami secara universal. Jullien saat ini menjalankan sebuah studio di London, dikota dimana ia berdomisili saat ini. Prakteknya meliputi ilustrasi, fotografi dan gambar bergerak (animasi).


Sering dilihat