Home » » Menjadi Freelancer

Menjadi Freelancer

Apa itu freelancer? Bagi kebanyakan orang pasti masih awam dengan kata ini. Freelancer alias pekerja lepas adalah orang yang bekerja tanpa ada ikatan dengan pihak atau instansi manapun. Banyak yang memandang sebelah mata pekerja yang statusnya freelancer, dibilang pengangguran, kerjaan tidak jelas bla bla bla. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, bekerja freelance lebih menyenangkan jika dibandingkan karyawan yang bekerja di kantoran, apalagi bekerja di bidang multimedia. 

Seorang freelancer hanya mengikatkan diri pada kemampuan diri mereka sendiri dan tidak terikat dengan pihak instansi manapun. Jika dibandingkan dengan karyawan, freelancer memiliki lebih banyak kebebasan karena hanya memiliki jam kerja saat memiliki proyek. Tetapi semua kondisi tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Karyawan yang bekerja di suatu perusahaan memiliki peluang kesejahteraan dibanding seorang freelancer karena adanya gaji tetap dan tunjangan. Freelancer memiliki penghasilan disaat ia telah menyelesaikan suatu proyek, jadi semakin banyak proyek yang diterima, semakin banyak penghasilan didapatkan tetapi harus memiliki komitmen dan kedisiplinan yang tinggi. Meskipun seorang karyawan memiliki kesejahteraan hidup melebihi yang bekerja freelance, perlu disadari bahwa freelancer bekerja untuk memperkaya diri sendiri sedangkan karyawan bekerja untuk memperkaya pemilik perusahaan. 

Sebagian orang menjadikan freelance sebagai pilihan hidup, bahkan sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup. Banyak anak muda profesional yang tidak ingin hidupnya terikat peraturan menjadikan freelance sebagai pekerjaan tetap karena mereka bisa mengembangkan diri dan bebas berkelana tanpa ada ikatan. Berbeda dengan dunia karyawan, freelance betul-betul ladang kehidupan yang sesungguhnya. Seseorang tidak lagi dipandang berdasarkan latar belakang pendidikan, orang yang profesional secara otodidak mungkin sejajar dengan orang yang profesional dengan latar berpendidikan tinggi, sehingga benarlah bahwa dunia freelance betul-betul fair. Yang dilihat hanyalah kemampuan dan karya nyata yang profesional. 

Untuk menjadi seorang freelancer, banyak syarat yang harus dipenuhi dibanding dengan karyawan. Harus memiliki skill di suatu bidang lebih bagus lagi jika spesialis di bidang tertentu, seorang dokter spesialis tentu lebih mahal bayarannya dibanding dokter umum. Fleksibilitas harus dimiliki mengingat pasar sering yang berubah-ubah serta komunikatif karena anda sendirilah yang "menjual" kemampuan anda. Karena bersifat mandiri, maka harus menyiapkan sendiri perangkat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tertentu. Tidak setiap hari anda akan mendapatkan sebuah proyek, maka kelola keuangan anda dengan benar agar tidak "terjepit" di saat kritis nantinya. 


Sering dilihat